Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Pengiriman Barang

By | December 22, 2022
Spread the love

Tarif pengiriman barang yang murah tentu sangat diperlukan oleh semua orang, apalagi bagi mereka yang suka dengan belanja secara online maupun para pelaku usaha yang kerap mendistribusikan barangnya ke tempat lain. Meskipun berada di Jakarta yang masuk ke dalam kategori kota besar, dalam memilih jasa pengiriman cargo murah Jakarta memang susah-susah gampang.

8 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Yang Cocok Dengan Barang Yang Dikirim

Selain murah, pengiriman cargo juga harus cepat agar bisa menghemat dana serta ketepatan waktu. Maka dari itu memilih jasa ekspedisi atau pengiriman cargo yang tepat sangatlah penting. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips dalam memilih jasa ekspedisi yang cocok dengan pengiriman barang.

1. Memilih ekspedisi yang mempunyai jaringan yang lebih luas

Memilih ekspedisi barang dengan jaringan yang luas merupakan hal yang sangat penting. Dengan ekspedisi yang memiliki jaringan luas akan membantu pengiriman barang ke tempat tujuan menjadi lebih cepat. Biasanya ciri – ciri ekspedisi yang memiliki jaringan yang luas terdapat kantor atau outlet pengiriman di setiap kota.

Selain itu dengan adanya ekspedisi yang memiliki jaringan luas akan bisa digunakan dalam keadaan darurat. Anda juga tidak akan khawatir jika barang yang Anda kirim akan selalu sampai kepada tempat tujuan meskipun di tempat yang terpencil.

2. Harga yang ditawarkan

Untuk menghemat biaya pengeluaran, maka Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi yang menawarkan harga atau tarif yang lebih murah. Tarif setiap ekspedisi biasanya bergantung pada berat barang yang akan dikirim, semakin berat tentu akan semakin mahal.

Selain itu beberapa ekspedisi sudah menyediakan layanan pengiriman kilat atau pengiriman dengan waktu yang singkat. Jika menggunakan layanan ini tentu akan berbeda tarifnya, jika semakin cepat dan singkat umumnya biayanya semakin mahal dibandingkan pengiriman reguler.

Oleh karena itu untuk mengirim barang melalui ekspedisi pastikan selalu mengirim dengan ekspedisi yang menawarkan harga yang lebih rendah dari yang lainnya. Anda bisa menanyakan kepada teman, rekan atau bisa langsung mencarinya di internet.

3. Berat barang yang akan dikirim

Sebelum memilih ekspedisi, Anda harus melihat terlebih dahulu berat barang yang akan dikirim. Jika barang yang akan dikirim hanya memiliki berat kurang dari 30 Kg, Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi biasa. Jika lebih dari 30 Kg Anda bisa menggunakan layanan logistics, sedangkan jika lebih dari 30 Kg dan jalan jumlah banyak, Anda bisa gunakan jenis cargo.

Jika berada di Jakarta dan ingin mencari jasa pengiriman cargo murah Jakarta, Anda bisa mencari di sekitar tempat Anda tinggal. Selain itu Anda bisa mencarinya menggunakan media sosial maupun browser yang ada di Hp kamu.

4. Adanya sistem pelacakan barang

Sistem pelacakan barang berguna untuk mengetahui sampai mana dan kapan barang akan diterima. Dengan adanya sistem pelacakan atau layanan tracking dapat digunakan Anda sewaktu – waktu. Sistem pelacakan dapat berguna untuk mengawasi pergerakan barang di setiap perjalanan, sehingga jika ada kendala bisa langsung ditangani oleh pihak ekspedisi.

5. Perusahaan ekspedisi sudah terpercaya

Saking banyaknya jasa kirim di Indonesia membuat sebagian orang bingung untuk memilihnya. Untuk memilih perusahaan yang terpercaya, Anda bisa mencarinya di internet bahwa perusahaan mana yang sudah memiliki legalitas resmi dari pemerintah tentang ekspedisi terpercaya.

6. Pilih ekspedisi yang menyediakan garansi

Dalam layanan pengiriman barang, pastikan layanan pengiriman menyediakan garansi baik dalam perjalanan jauh maupun dekat. Jika Anda mau menggunakan ekspedisi, pastikan adanya ketersediaan layanan garansi pada setiap pengiriman barang.

Sebab layanan ini berguna sebagai upaya proteksi jadi semisal barang mengalami kerusakan pada saat proses pengiriman atau sampai hilang nanti dari pihak ekspedisi akan memberikan kompensasi. Namun jika menggunakan layanan ini biasanya membayar sejumlah premi sebelum barang dikirim oleh pihak ekspedisi.

7. Pilihlah perusahaan yang mudah untuk dihubungi

Sebelum melakukan pengiriman barang, Anda memperhatikan juga kontak dari layanan pelanggan dari jasa ekspedisi yang digunakan. Hal tersebut menjadi penting karena kontak layanan akan dijadikan kontak pelaporan jika ditemukan kendala dan meminta untuk segera ditangani. Penggunaan layanan ini misalnya dalam pengiriman barang, kondisi barang dalam keadaan cacat.

8. Mencari lebih dari satu jasa kirim

Mencari lebih dari satu jalur ekspedisi merupakan hal yang diperlukan. Sebab dengan mengetahui beberapa ekspedisi, tentu Anda akan bisa mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari masing – masing ekspedisi. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari beberapa ekspedisi akan membuat Anda mengerti perbedaan layanan dan harga yang di tawarkan.

Nah itulah tips memilih ekspedisi yang berkualitas terpercaya dan memiliki harga yang terjangkau. Cara tersebut bisa digunakan di kota – kota besar seperti Jakarta, sehingga Anda dalam mencari jasa pengiriman cargo murah Jakarta tidak mengalami kebingungan.