Jenis Pipa Besi Dan Kegunaannya Yang Perlu Diketahui

By | December 24, 2022
Spread the love

Pipa besi atau dikenal dengan pipa hitam tentu memiliki banyak kegunaannya serta mempunyai jenis – jenis yang berbeda. Saat ini untuk mendapatkan pipa besi tentu sangat mudah karena sudah banyak distributor yang menjualnya. Namun, untuk mendapatkan distributor pipa besi berkualitas tetap harus berhati – hati.

Meskipun terkenal sebagai alat untuk mengalirkan air, pipa besi juga dapat dijadikan untuk rangka plafon, penyangga rumah, tiang lampu, teralis gerbang dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyaknya manfaat dari pipa besi tersebut dikarenakan pipa besi memiliki ketahanan pada rayap, tahan karat sehingga sangat cocok diaplikasikan pada ruang terbuka atau outdoor.

Apa Itu Pipa Besi ?

Pipa besi merupakan suatu jenis batang besi yang di dalamnya memiliki rongga untuk dimanfaatkan sebagai penyalur air, gas, udara maupun uap. Dengan adanya manfaat tersebut, sering kali pipa besi sangat penting dalam pembuatan bangunan yang memiliki banyak tingkatan.

Melihat banyaknya kegunaan dari pipa besi dalam bangunan, maka tak heran jika pipa dari bahan besi ini memiliki berbagai macam jenis. Perbedaan pipa besi biasanya dapat dilihat secara fisik, besar kecilnya rongga dan juga bahan yang digunakan. Dengan banyaknya perbedaan tersebut, maka Anda harus memilih distributor pipa besi yang lengkap.

Jenis – Jenis Pipa Besi

Berikut adalah beberapa jenis pipa besi yang bisa Anda beli di distributor pipa.

1. Pipa hitam

Pipa hitam atau pipa yang dikenal dengan pipa gas merupakan jenis pipa besi yang sering digunakan sebagai alat untuk saluran air dan juga gas, yang berasal sumber utama menuju pengguna pada bagian akhir. Secara bentuknya, pipa hitam ini biasanya memiliki bentuk hitam dan diameter lingkaran yang sangat sempurna.

Pipa ini biasanya digunakan pada area tambang atau pengolahan air dan juga gas. Selain itu pipa besi dengan jenis hitam ini juga biasa dimanfaatkan sebagai pelengkap bahan bangunan misalnya, rangka tiang pendukung baik lampu maupun listrik dan lain sebagainya.

2. Pipa galvanis

Pipa galvanis merupakan jenis pipa yang telah dilapisi oleh beberapa zat kimia yang biasanya berupa seng dengan melalui tahap atau proses pemanasan. Proses pelapisan ini bertujuan agar pipa galvanis dapat tahan lebih lama pada tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Selain itu, pipa jenis ini lebih tahan lama dibandingkan dengan pipa hitam karena ada lapisan seng di luarnya.

Dengan adanya lapisan tersebut, banyak orang yang menggunakan pipa galvanis untuk digunakan pada area outdoor. Pipa ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya digunakan sebagai saluran air, tiang listrik, gerbang dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Pipa stainless

Pipa stainless atau biasa dikenal dengan pipa SS, adalah jenis pipa yang telah terbuat dari bahan besi dan baja. Pipa stainless ini sangat kebal terhadap karat dibandingkan dengan pipa hitam. Pipa SS ini paling sering digunakan pada produsen makanan dan obat – obatan karena memiliki sifat anti karat yang menjamin kebersihan dan juga kesterilan dari pipa pada saat digunakan.

4. Pipa seamless

Pipa besi seamless adalah pipa yang dibuat tanpa menggunakan sambungan pengelasan atau bisa dibilang pipa anti sambung. Dengan tidak adanya sambungan las pada pipa, maka ketahanan dari pipa cenderung lebih rentan pecah atau patah. Harga pipa seamless pun dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan pipa jenis hitam maupun stainless.

5. Pipa welded

Pipa welded adalah jenis pipa yang terbuat dari besi melalui sambungan menggunakan proses pengelasan. Pipa welded terbuat dari bahan plat besi dan dilengkungkan sedemikian rupa serta adanya satu pengelasan tepatnya pada bagian ujung plat membentuk sebuah pipa. Dengan melihat pembuatan tersebut maka proses pembuatan pipa ini akan relatif lebih mudah dari pipa seamless.

6. Pipa hollow

Pipa hollow adalah pipa yang biasa digunakan pada area pembangunan atau konstruksi, pipa ini sering disebut sebagai pipa kotak. Pipa kotak sering dipakai untuk bahan bangunan khususnya besi rangka plafon dan juga pada bagian rangka partisi yang menempel pada dinding. Pipa hollow memiliki banyak kelebihan seperti anti karat, tahan rayap, murah dan lebih awet.

7. Pipa oval

Selanjutnya adalah pipa besi juga memiliki bentuk tidak bulat atau oval yang biasanya dibentuk dengan bahan stainless yang dilapisi dengan chrome. Pipa oval ini biasanya digunakan untuk keperluan perusahaan terutama pada industri yang bergerak pada bidang otomotif dan juga furniture.

Keunggulan dan Kekurangan Pipa Besi

Keunggulan dari pipa besi adalah sama – sama anti raya, anti karat dan lebih tahan lama. Selain digunakan sebagai alat untuk mengalirkan air, pipa besi juga dapat digunakan untuk konstruksi bangunan.

Kekurangan dari pipa besi adalah sangat berat, sehingga dalam pengaplikasian membutuhkan orang banyak dan juga memiliki harga yang lebih mahal.

Itulah pengertian dari pipa besi dan juga jenisnya, pilihlah pipa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari sekian banyaknya pipa, yang paling penting adalah memilih distributor pipa besi yang lengkap, berkualitas dan bergaransi.