Tips Cara Mengemasi Barang Pindahan Dengan Mudah

By | December 20, 2022
Spread the love

Liburan dari kota Jakarta menuju kampung halaman di desa tentu merupakan hal yang cukup menyenangkan. Namun sebelum melakukan perjalanan, hal yang harus dilakukan adalah merapikan barang bawaan yang cukup banyak. Untuk merapikan barang bawaan tersebut maka membeli tali rafianya di tempat yang  jual tali rafia Jakarta.

Tips Cara Pindahan Agar Lebih Simpel Dan Efektif

Meskipun menggunakan tali rafia adalah salah satu alat yang tepat untuk mengikat kuat barang, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar proses ikatan menjadi lebih simpel dan efektif. Untuk mengetahui cara tersebut, simak ulasan berikut ini.

Menyiapkan barang bawaan dari jauh – jauh hari

Menyiapkan barang bawaan dari jauh – jauh hari merupakan keharusan bagi semua orang yang akan melakukan pindahan. Dengan menyiapkan barang bawaan jauh dari waktu pemberangkatan, maka tidak akan merasa kerepotan ketika berada pada waktu pemberangkatan.

Selain itu, menyiapkan barang dari jauh – jauh hari merupakan cara yang tepat bagi kamu yang akan melakukan pindahan sendirian. Bila memungkinkan menyiapkan barang bawaan dilakukan dalam hitungan bulan sebelum pemberangkatan. Dengan menyiapkan barang sebelum pemberangkatan, kamu akan merasa jauh lebih rileks dan dapat mengurangi rasa lelah sebelum melakukan perjalanan.

Membeli alat pengemasan barang

Sebelum melakukan pengemasan barang, kamu harus membeli beberapa peralatan pengemasan seperti boks kardus, tali rafia dan peralatan lainnya yang dibutuhkan dalam pengemasan barang. Untuk mendapatkan peralatan tersebut kamu bisa mengunjungi tempat jual tali rafia Jakarta.

Menyingkirkan barang yang tidak dipakai

Pindahan merupakan salah satu kesempatan untuk menyortir barang yang tidak terpakai lagi, atau menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan tempat tinggal. Dengan menyortir barang yang tidak digunakan maka akan mempermudah dalam memilih barang bawaan.

Pada saat memilih barang bawaan, pastikan barang yang kamu pilih adalah barang yang sering kamu gunakan. Dengan memilih barang bawaan yang sering digunakan, maka barang bawaan akan ringkas.

Cicil barang pindahan

Salah satu cara untuk mengurangi barang bawaan yang terlalu banyak adalah dengan mencicil barang bawaan menuju tempat tujuan. Cara ini sangat berguna bagi kamu yang masih menggunakan sewa kendaraan. Dengan mencicil barang bawaan maka bisa berguna untuk mengurangi ongkos atau biaya sewa kendaraannya.

Mengelompokkan barang bawaan

Agar mempermudah proses pengemasan, maka mengelompokkan barang merupakan salah satu cara yang tepat. Mengelompokkan barang bisa disesuaikan dari fungsi, jenis maupun bentuk besar kecilnya barang bawaan. Selain mempermudah proses pengemasan, cara ini juga akan mempermudah kamu dalam merapikan kembali jika sudah sampai ke lokasi tujuan.

Memperhatikan barang yang mudah rapuh

Memastikan barang bawaan selalu dalam kondisi aman, tentu harus dimulai dari proses pengemasan pada saat sebelum pemberangkatan. Kamu bisa memastikan barang tersebut dengan melapisi bagian luar barang yang rapuh menggunakan peti atau storage yang memungkinkan untuk menaruh barang.

Selain dari proses pengemasan barang tersebut, kamu juga harus memperhatikan penempatan barang pada saat barang berada di perjalanan. Dengan memperhatikan kedua langkah tersebut, maka barang bawaan yang rapuh dapat dipastikan selalu dalam kondisi aman.

Isi boks atau kardus hingga penuh

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengisi boks atau kardus dengan penuh sampai tidak ada ruang atau space yang kosong. Untuk mengisi boks tentu harus memperhatikan besar kecilnya barang yang akan dibawa. Dalam memilih barang yang akan dimasukkan ke dalam boks, pastikan dimulai dari barang yang memiliki ukuran kecil.

Mengecek kembali barang bawaan

Mengecek kembali barang bawaan yang telah dikemas merupakan hal yang sangat penting. Pengecekan dilakukan baik sebelum barang ditaruh dalam boks maupun setelah ditaruh dalam boks. Cara ini wajib dilakukan karena untuk menghindari terjadinya barang yang hilang atau barang yang tertinggal ketika barang sudah sampai ke tempat tujuan.

Gunakan sewa kendaraan untuk membawa barang

Mencari kendaraan dengan ongkos sewa yang lebih murah dan memiliki kapasitas bagasi yang luas, tentu idaman bagi semua orang. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan kendaraan yang memiliki bagasi yang luas akan menampung banyak barang yang akan dibawa.

Selain itu, dengan biaya atau ongkos yang murah tentu akan menghemat biaya kamu sebelum melakukan liburan di kampung halaman. Untuk mendapatkan sewa kendaraan dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menanyakannya kepada kerabat, rekan atau mencari rekomendasi melalui jaringan sosial media.

Itulah beberapa tips yang tepat yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pindahan untuk liburan di kampung halaman. Untuk mendapatkan liburan yang nyaman kamu harus menghemat seluruh biaya yang dikeluarkan untuk membeli kebutuhan dalam pembelian peralatan pindahan. Salah satu upaya untuk menghemat adalah dengan membeli tali rafia di tempat jual tali rafia Jakarta.